5 Skenario Besar Kiamat 2012

Bookmark and Share


Dunia sedang di gegerkan dengan isyu-isyu yang sangat menggemparkan.Kiamat,..satu kata yang sangat menakutkan bagi manusia yang belum siap menerima hal yang sebenarnya pasti terjadi entah kapan dan bagaimana terjadinya.Berbagai analisa dan ulasan,dialog dll.. meramaikan media-media baik elektronik maupun media cetak,pembahasan kiamat seolah-olah memang sudah dekat dan menghampiri menjadi realita.Benarkah demikian…?namun fakta secara ilmiah juga memang sangat beralasan dan masuk akal,berbagai kesimpulan dari ulasan-ulasan para fakar memang membawa banyak pengaruh fsikologis bagi makhluk yang bernama manusia. Sebuah berita yang saya tulis semoga bisa memberikan tambahan gambaran fakta-fakta apa saja yang bisa menyebabkan kiamat.

Inilah beritanya:

Sementara kiamat sangat tidak mungkin terjadi pada tahun 2012, hanya Allah swt yang tahu, di balik itu, adalah lima kemungkinan skenario yang bisa mengakhiri hidup manusia di dunia ini. Foreign Policy memberikan lima kemungkinan yang bisa menjadi “kiamat” betulan. Apa saja?

.ASTEROID

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Benda-benda dari luar angkasa mempunyai dampak terhadap bumi sepanjang waktu. Biasanya mereka memang terbakar di atmosfer. Peristiwa Tunguska tahun 1908 di kawasan hutan Siberia dengan sebuah ledakan sekitar 1.000 kali lebih kuat daripada bom Hiroshima telah menyebabkan kerusakan sebesar 2.000 mil persegi. Sama dengan kerusakan sebuah kota metropolitan yang besar.

Berapa besar kemungkinan itu? Objek besar lain pasti akan menghantam bumi pada akhirnya, tapi tidak begitu pasti. Setiap satu juta tahun sekali, objek yang menabrak bumi. Menurut NASA, yang paling dekat mungkin hanya di tahun 2880.

.BENCANA IKLIM

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Di bawah skenario terburuk yang diperkirakan oleh Panel Internasional mengenai Perubahan Iklim, suhu permukaan global Bumi bisa meningkat sebesar 4-5 derajat Celsius pada akhir abad ini. Skenario semacam itu akan menyebabkan peningkatan permukaan air laut sampai setengah meter, banjir daerah pesisir, termasuk banyak dari kota-kota besar dunia. Sementara itu, hampir sepertiga dari planet ini bisa menjadi padang pasir dan lebih dari setengahnya akan mengalami kekeringan.

Berapa besar kemungkinan itu? Menurut MIT tingkat karbon global saat ini pada 380 bagian per juta, padahal angka itu hanya 280 sebelum Revolusi Industri. Kebanyakan ilmuwan menyimpulkan bahwa dampak bencana akan mulai terasa setelah melewati level 450. Penelitian terbaru oleh National Aeronautics Administrasi Oseanografi menunjukkan bahwa banyak dampak perubahan iklim sudah tidak dapat diubah.

.PERANG NUKLIR

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Saat ini ada lebih dari 23.000 senjata nuklir di dunia, dan sebanyak 8.000 dalam operasional dan 2.000 lainnya berada pada status siaga serta siap diluncurkan dalam waktu singkat. Kiamat nuklir telah lama menjadi subyek populer untuk buku dan film.

Berapa besar kemungkinan itu? Sebuah studi oleh ahli ekologi di Rutgers University pada tahun 2007, menemukan bahwa stok nuklir global saat ini mampu menghancurkan pertanian global selama setahun yang menyebabkan kelaparan untuk sebagian besar umat manusia.

.WABAH

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sepanjang sejarah, malapetaka telah membawa peradaban ke tingkat yang paling rencah. Wabah Hitam membunuh lebih dari setengah penduduk Eropa di Abad Pertengahan. Pada tahun 1918, wabah flu menewaskan sekitar 50 juta orang, hampir 3 persen dari populasi dunia, dampak yang jauh lebih besar daripada korban Perang Dunia I. Virus ebola memiliki tingkat kematian 90 persen dan juga begitu pula HIV.

Berapa besar kemungkinan itu? Pengobatan penyakit telah membaik sejak 1918, tapi penyakit juga semakin banyak. Teknik pertanian industri modern disalahkan atas wabah penyakit. Lebih dari 40 virus baru telah muncul sejak 1970-an, termasuk ebola dan HIV. Eksperimen senjata biologi juga telah menambah daftar penyakit baru.

.YANG TIDAK DIKETAHUI

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ada sejumlah teori bagaimana peradaban manusia berakhir. Ada yang alami: seperti volkano yang meledak seperti di Taman Nasional Yellowstone. Lainnya lagi adalah buatan manusia: kelebihan penduduk menyebabkan krisis pangan atau pengembangan teknologi baru.

Berapa besar kemungkinan itu? Cepat atau lambat, dunia akan berakhir. Dalam waktu sekitar 5-8 miliar tahun, menurut perkiraan ahli astronomi, matahari kita akan terbakar dari hidrogen menjadi helium dan matahari akan menjadi raksasa merah ratusan kali dari ukuran yang sekarang, menyeret bumi ke kehancuran yang tak terelakkan.

Lima kemungkinan itu hanya rekaan manusia yang terbatas. Skenario Allah swt jelas jauh lebih tak terduga. Kiamat mungkin tak terjadi pada 2012, yang lebih penting bagi kita adalah menabung amal kebajikan sebanyak-banyaknya, karena pertanyaan besar yang semestinya selalu menggantung di benak kita: kemana hidup setelah kehidupan di dunia ini? Wallahu alam bi shawwab.